Acara Lamaran Sederhana Namun Tetap Meriah

Pernikahan adalah hal yang paling dinantikan bagi setiap pasangan. Namun sebelum berlanjut ke tahap pernikahan banyak pasangan yang melengkapi proses ini dengan menyelenggarakan acara pertunangan atau lamaran. Biasanya proses lamaran atau pertunangan ini akan dilaksanakan sesuai dengan adat dari suku masing-masing pasangan berasal. 
Sumber : Instagram / lavisualstories
Sebenarnya proses lamaran tidaklah menjadi suatu keharusan, apalagi diadakan secara mewah dan megah. Tetapi, karena saat ini lamaran sudah menjadi kebiasaan dalam masyarakat kita, sehingga  proses lamaran dan pertunangan seakan menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Jadi bagi Anda yang akan menikah sebaiknya sudah mempersiapkan dana untuk lamaran ini sejak jauh hari seperti halnya Anda mempersiapkan dana untuk melangsungkan pernikahan. 

Jika mau dibandingkan, dana yang dibutuhkan untuk acara lamaran memang jauh lebih sedikit dibandingkan oleh dana untuk pernikahan, tapi tetap saja dana yang akan dihabiskan tidaklah sedikit. Dan agar acara dapat berjalan sesuai dengan keinginan, Anda perlu melakukan perencanaan yang matang.
Bila Anda dan pasangan memiliki dana yang terbatas untuk mengadakan proses lamaran mungkin Anda bisa mencoba beberapa tips dari kami, agar Anda dapat membuat acara lamaran sederhana, namun tetap meriah:
1.    Mengadakan Proses Lamaran di Rumah Calon Mempelai Wanita
Meskipun ada beberapa orang yang menginginkan acara lamaran lebih berkesan dengan cara menyewa gedung. Namun bila Anda memiliki budget terbatas, ada baiknya Anda mengadakan prosesi lamaran di rumah pihak mempelai wanita. Untuk acara yang berlokasi di rumah, biasanya hal-hal yang dibutuhkan cukup sederhana, hanya dengan meja, tempat duduk tambahan, atau tenda bila diperlukan. Karena biasanya seluruh pihak keluarga besar baik mempelai wanita dan pria akan berkumpul di rumah calon mempelai wanita.
2. Hidangan dari Masak Sendiri, Tanpa Jasa Catering
Acara lamaran di Indonesia biasanya tidak hanya di hadiri oleh pihak keluarga calon mempelai saja, tetapi tetangga sekitar pun terkadang juga akan diundang untuk mengikuti proses acara lamaran ini. Dan sudah menjadi tradisi dalam masyarakat kita, saat diadakan acara dalam suatu keluarga sebagai bentuk penghormatan tuan rumah pasti akan menyediakan hidangan bagi para tamu yang hadir.
3. Membuat Undangan Sendiri
Karena  proses lamaran itu tidak seformal acara pernikahan, sebagian besar pasangan biasanya mengumumkan acara lamaran hanya dari mulut ke mulut. Tapi, ada juga pasangan yang memilih mengumumkan acara pertunangan mereka dengan membuat undangan lamaran sendiri. Undangan ini biasanya hanya ditunjukkan kepada pihak keluarga saja atau saudara jauh. Jika memang mau mengundang tetangga sekitar biasanya undangan lamaran ini hanya akan diberikan kepada RT atau RW setempat sebagai formalitas saja.
4. Tidak Berlebihan Mengeluarkan Biaya Seserahan
Setiap suku pasti berbeda adat istiadatnya. Contohnya suku betawi, acara adat yang biasa dilakukan saat lamaran adalah dengan membawa seserahan seperti parcel makanan, barang-barang pecah belah, atau uang yang dibingkai untuk diberikan kepada calon pengantin wanita. Biasanya hal ini sudah dipersiapkan oleh pihak keluarga calon mempelai pria. Untuk memperkecil pengeluaran, sebaiknya tidak membawa barang seserahan secara berlebihan.
5. Memberikan Cincin Pertunangan Selain Emas
Dalam tradisi di Indonesia, cincin adalah perhiasan yang paling umum untuk dijadikan sebagai simbol ikatan sebuah hubungan. Umumnya cincin akan diberikan saat proses lamaran berlangsung. Namun ada pula beberapa pasangan yang memberikan cincin berbeda saat prosesi lamaran dan untuk pernikahan. Hal ini tidaklah menjadi suatu keharusan, akan tetapi hal ini biasa terjadi karena dipengaruhi oleh budaya atau memang keinginan pribadi. Agar cincin pertunangan bisa menyesuaikan budget, Anda mungkin bisa mempertimbangkan cincin dari bahan lain selain emas. Beberapa bahan cincin selain emas yang sedang trend saat ini adalah cincin dari bahan Perak, Palladium, dan Platina.
Sumber : Instagram



Komentar

Postingan populer dari blog ini

15 Ide Souvenir Pernikahan Unik, Elegan, dan Bermanfaat

Macam-Macam Isi Seserahan Untuk Pernikahan