Macam-Macam Isi Seserahan Untuk Pernikahan

Saat akan diadakannya acara pernikahan maupun pada saat lamaran biasanya ada tradisi untuk memberikan hantaran atau seserahan yang diberikan oleh calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita. Tradisi yang sudah ada sejak zaman dahulu ini seakan menjadi prosesi wajib dalam setiap acara jelang pernikahan. Saat Namun, banyak pasangan yang masing bingung menentukan apa saja isi seserahan pernikahan itu? Dan apa saja detail item yang harus dipersiapkan?
Sebelum mengetahui apa saja isi seserahan, sebaiknya kita lebih dahulu mengetahui maksud dari prosesi seserahan itu sendiri. Seserahan biasanya dibawa sebagai hantaran dari keluarga calon mempelai pria untuk calon mempelai wanita sebagai simbol bekal untuk kehidupan kelak sang wanita. Seserahan biasanya berisikan kebutuhan sehari-hari dari calon pasangan, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Pada dasarnya, isi seserahan nggak perlu berisikan barang-barang mewah, cukup pada barang yang sering digunakan oleh calon pengantin wanita. Tentu menjadi sebuah hal yang perlu diperhatikan juga, yakni jangan sampai seserahan memberatkan calon suami.

Sumber Instagram


Nah, berikut ini adalah beberapa daftar isi seserahan yang sudah umum diberikan calon mempelai pria:

1. Perlengkapan Sholat / Ibadah

Seperangkat alat sholat adalah seserahan yang wajib bagi umat Muslim, symbol bahwa agama yang akan menjadi tumpuan utama rumah tangga mereka kelak dan sebagai bekal untuk sang wanita agar menjadi pendamping dan istri yang sholehah, maka sang pria biasanya selalu menyiapkan hantaran perlengkapan ibadah ini. Seserahan alat sholat ini juga dijadikan sebagai lambing pengingat calon mempelai pada Sang Pencipta. Untuk isi dari seserahan ini biasanya terdiri dari Mukena, sajadah, tasbih dan Al – Quran.

2. Perhiasan

Seserahan pernikahan berupa Perhiasan ini memiliki makna, agar calon mempelai wanita selalu bersinar dan bercahaya di kehidupannya. Untuk jumlah atau besaran perhiasan yang menjadi seserahan sebaiknya disepakati bersama atau disesuaikan dengan kemampuan calon mempelai pria. Contoh seserahan perhiasan ini biasanya berupa cincin, kalung, liontin, anting atau gelang untuk calon mempelai wanita.

3. Satu Set Busana Wanita


Dalam adat Jawa, seserahan kain ini dimaknai sebagai harapan agar terjaganya rahasia rumah tangga dapat terwujud. Isi seserahan ini biasanya berupa kain jarik motif batik, bahan kebaya, maupun seperangkat pakaian jadi seperti baju kerja, baju pesta, dan baju tidur.  


4. Peralatan rias atau makeup 

Seserahan ini dimaksudkan agar calon mempelai wanita selalu menjaga penampilan di depan suaminya kelak Di samping itu, seserahan ini juga berarti pengantin pria bersedia menyediakan perawatan tubuh dan makeup bagi calon istrinya.  Nah untuk perlengkapan yang satu ini biarkan para wanita yang memilihnya. Karena selain itemnya lumayan banyak, belum tentu calon mempelai pria paham. Selain itu, biasanya wanita memiliki brand khusus yang berbeda – beda untuk setiap produk kosmetik yang digunakan. Jadi calon mempelai pria cukup duduk manis saja untuk items yang satu ini

5. Makanan tradisional

Dalam tradisi khas Jawa, hantaran ini dimaksudkan supaya kedua mempelai tetap bersatu sampai akhir hayat. Untuk bahan makanan biasanya dipilih dari bahan dasar beras ketan seperti jenang, lemper, jadah, kue lapis dan sebagainya. Makna makanan tradisional ini juga dilambangkan agar cinta kedua calon pengantin ini selalu lengket sepanjang masa, sebagaimana beras ketan yang setelah dimasak akan menjadi lengket. 

6. Buah-Buahan

Di balik hantaran buah-buahan, seserahan ini memiliki makna agar kehidupan calon mempelai berbuah berkat bagi keluarga dan orang sekitarnya Buah-buahan adalah simbol dan harapan agar pasangan yang menikah kelak bisa menghasilkan buah yang. Buah yang lazim diberikan dalam acara seserahan adalah pisang, anggur, jeruk, apel.

7.   Perlengkapan Mandi

Untuk perlengkapan mandi biasanya terdiri dari sabun, shampo, handuk, shower puff, produk perawatan tubuh, dan wewangian. 
8. Pakaian Dalam
Pakaian dalam juga menjadi salah satu seserahan pernikahan yang perlu disiapkan. Untuk isinya bisa berupa satu set underwear,  lingerie dan juga  baju tidur. Tapi untuk urusan membelinya biarkan wanita yang memilih barang – barangnya. dan diserahkan kepada sang pria untuk dihias ke dalam kotak seserahan agar lebih cantik.

Berapa  banyak kotak seserahan pernikahan yang perlu disiapkan?

Untuk jumlah kotak seserahan sebenarnya tidak ada ketentuan. Semuanya bisa disesuaikan oleh kesepakatan bersama. Namun, ada beberapa tradisi adat yang biasanya memberikan kotak seserahan berjumlah ganjil (5, 7, 9, 11 ). 

Komentar

  1. Jual box seserahan yg spt itu jg

    BalasHapus
  2. Dear brides and grooms to be
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music & entertainment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik dalam membantu dari awal hingga di hari Bahagia akang teteh
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
    Giyan : 082261170022 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

15 Ide Souvenir Pernikahan Unik, Elegan, dan Bermanfaat

Acara Lamaran Sederhana Namun Tetap Meriah